Pages

Wednesday, May 2, 2012

Pemrograman Jaringan (Demo D1-5) simpleServer dan simpleClient

Membuat aplikasi client server TCP sederhana. Server akan membuat soket server dan menerima permintaan koneksi dari satu client saja. Setelah itu server akan menunggu data yang dikirim oleh client. Jika pesan yang dikirim oleh client adalah “salam” maka server akan membalas mengirim pesan “salam juga” . Selain dari itu, server akan mengirim pesan “Maaf, saya tidak mengerti”. Untuk selanjutnya kita langsung ketikkan saja source code dibawah ini notepad,editplus, atau source editor lainnya, dengan nama file simpleServer.java dan simpleClient.java:  

SimpleServer.Java


listing diatas merupakan listing untuk server dimana server sebagai pusat dari semua client. saat program server dijalankan maka akan muncul pesan "Aplikasi Server Hidup" saat server telah hidup, maka client harus menjalankan program client dibawah ini.
listing diatas merupakan listing untuk client,  dimana aplikasi client akan mengirimkan pesan ke server & server akan membalas pesan dari client.
Setelah source code tersebut diketik, buka command prompt, lalu source code diatas dikompilasi dan dijalankan, cara mengkompilasi dan menjalankan ada dibawah ini.

*pada command prompt*
ketik javac [namafile].java (untuk mengkompilasi program)
>> javac  SimpleClient.java 
kemudian ketik java [namafile] (untuk me-running program tersebut)
>> java SimpleServer.java 
*pada command prompt*
ketik javac [namafile].java (untuk mengkompilasi program)
>> javac  SimpleClient.java 
kemudian ketik java [namafile] (untuk me-running program tersebut)
>> java SimpleServer.java 

Hasilnya :
Output Client
Client memasukan kata kunci salam kepada server dan server otomatis membalas salam dari client.
Output Server
Output server dimana kata dari client diterima oleh server. Sekian penjelasan singkat saya semoga bermanfaat bagi anda semua. sourcecode simpleServer dan simpleClient



1 comment:

  1. Bermanfaat bgt gan tutorialnya, nyari2 dari td. Makasih bgt ya gan tutorialnya

    ReplyDelete