Pages

Monday, January 2, 2012

E-Agriculture dan Contoh Web E-Agriculture


Pengertian e-Agriculture atau e-Agribusiness sendiri diambil dari definisi e (electronic) dalam konsep Information and Communication Technology (ICT), yaitu kegiatan pertanian atau agribisnis yang memanfaatkan keunggulan ICT seperti komputer, internet, piranti lunak (softwares) dan piranti keras (hardwares), radio, televisi dan perangkat IT lainnya, serta orang yang mengoperasikan ICT tersebut. Aplikasi e-Agriculture atau e-Agribusiness dapat dilakukan di semua aktivitas pertanian mulai dari kegiatan di hulu (proses produksi) sampai pada di hilir (pemasaran hasil). FAO telah memanfaatkan ICT di kegiatan network, publikasi, database dan pembuatan Web. Sebuah konsep infomasi manajeman pertanian (E-Agriculture) yang memanfaatkan sarana dan prasarana yang telah ada guna membantu memecahkan dan mengatur keseimbangan produksi tanaman holtikultura dengan pemanfaatan Geografic Information System (GIS).
Contoh dari Web adalah

1. http://incomehidroponik.blogspot.com

Kenapa web diatas sebagai contoh web e-Agrikultur karena web ini berisi pembudidayaan tanaman hidroponik, serta memanfaatkan teknologi informasi untuk aktivitas dan untuk pembelajaran pembudidayaan dalam bidang pertaniaan.

2. http://www.situshijau.co.id/

Kenapa web diatas sebagai contoh web e-Agrikultur karena web ini berisi tentang media pembelajaran dan tips pertanian secara online.

sumber :

  1. http://www.situshijau.co.id/
  2. http://incomehidroponik.blogspot.com/
  3. http://priskatandi.wordpress.com/2009/12/15/e-agriculture-pemanfaatan-teknologi-informasi dan-komunikasi-tik-sebagai-instrument-akselerasi-pembangunan-pertanian/

No comments:

Post a Comment